Tips Praktis Meninggalkan Komentar Via Wordpress Reader


Sebelum menulis di Blogspot, saya pernah menulis di Wordpress. Keduanya memiliki fitur, dan reader yang berbeda.

Permasalahannya, untuk melakukan blogwalking dan reply, saya sudah terbiasa dengan WordPress Reader yang bisa di donlot di apps store.  Jadi di manapun berada, bisa melakukan semua hal itu lewat hape.  Ini adalah aplikasi yang saya sukai benar, karena membuat hidup dan ngeblog semakin praktis! 

Tapi bagaimana lagi, dong, kalau saya adalah pengguna Blogspot. Apakah bisa tetap mencicipi nikmat duniawi perbloggingan itu?

Rasanya sangat berat berpisah, apalagi bila suatu saat saya blogwalking ke blog teman-teman blogger pengguna Wordpress!  Karena sebagai bukan pengguna wordpress, tanpa menggunakan Wordpress Reader, saya harus isi satu persatu di kolom semacam ini sebelum me-reply :
Nama : 
Alamat e-mail :
Url :
Tiga step untuk setiap blog berplatform wordpress! Padahal banyak sekali penggunanya!

Waduh...
Akhirnya saya menemukan short cut, saat iseng kutak-katik.

Susah?

Nggak.

Modalnya cuma kamu perlu punya akun wordpress. Cukup satu saja.  Dan itu nanti bisa di manfaatkan untuk berkomentar di blog berplatform Wordpress tanpa perlu isi kolom nama, url, dan email lagi.
Jadi bagaimana cara saya bisa praktis meninggalkan jejak via WordPress Reader ke blog sesama pengguna wordpress, padahal url sudah pindah ke blogspot? 

Prinsipnya mudah. Kita harus "menyimpan" semua data nama, e-mail, dan url di akun Wordpress.

A. ALAMAT EMAIL

Pastikan kamu sudah punya akun di Wordpress (kalau belum punya tinggal mendaftar dengan alamat e-mail).  Lalu download Wordpress Reader di apps store. Karena dengan memiliki akun Wordpress, otomatis kamu sudah "menyimpan" alamat e-mail mu di Wordpress.

B. ALAMAT URL

Masuk ke aplikasi Wordpress Reader lalu lakukan step-step berikut :
1. Klik gambar profile diatas kanan.
Lalu akan keluar gambar seperti di bawah ini. Kemudian...

2. Klik account settings.
Setelah di klik akan ada pilihan-pilihan  Kita lihat alamat web address masih kosong melompong. 
Itu artinya bila suatu saat  kamu melakukan reply di blog seseorang dan ada yang klik avatarmu, maka akan dibawa ke profil gravatar kamu saja. 

Itu pentingnya kita wajib mengisi web address ini.

3. Klik Web Address

Akan keluar kotak yang perlu kamu isi dengan alamat blog yang kamu ingin agar dikunjungi orang, bila suatu saat avatarmu di sebuah blog di klik.
Setelah diisi, klik OK. Setelah itu akan seperti ini penampakan pada web address nya (pastikan alamat URL yang kamu isi benar, ya). Mau isi alamat dengan URL apa saja bisa, mau blogspot atau platform lain!
Sekarang alamat URL mu sudah "tersimpan".

C. NAMA

Ini akan"menyimpan" Nama agar kamu tidak perlu  mengisi kolom nama di kotak reply pengguna Wordpress. Step yang ini perlu bila kamu rasa username kamu atau nama yang awalnya didaftarkan sudah cukup mewakili namamu. 

Bila suatu hari kamu memutuskan akan menggunakan nama blog, sebagai nama, bisa sewaktu-waktu diubah lewat step ini :

1. Klik gambar profile di atas kanan

Sama seperti step untuk alamat URL akan ada beberapa opsi.
Perhatikan bagian yang di lingkari spidol kuning, itu adalah bakal nama yang akan kamu isi. Bila masih belum terisi otomatis defaultnya adalah user name atau nama saat pertama kali kamu mendaftar di Wordpress
2. Klik My Profile

Akan keluar beberapa pilihan. 
3. Pilih Public display name

Akan keluar kotak yang perlu kamu isi, silahkan tuliskan nama yang kamu ingin munculkan saat reply di blog orang lain. Klik OK.
Hasil akhir akan terlihat nama baru kita di atas username. Voila, nama sudah "tersimpan".
Jadi bagi anda yang punya memiliki blog di blogspot, atau memiliki blog lebih dari satu, tidak perlu repot lagi harus selalu mengisi kembali kolom nama, alamat e-mail dan url, saat berkunjung ke banyak blog yang berplatform wordpress.

Dan bagi kamu yang memiliki blog lebih dari satu, tinggal mengubah alamat e-mail di Wordpress reader anda sesuai keinginan. 

Misal bila mengunjungi blog A, kamu ingin meninggalkan alamat link blog kamu yang bertema lifestyle, lalu di blog B yang kamu tinggalkan alamat link blog bertema traveling. 

Sebelum melakukan reply, pastikan untuk mengecek atau mengubah alamat URL pada settingan Wordpress Reader kamu. Setelah posting reply di blog orang lain, semua data yang tersimpan di blog tersebut (Nama, e-mail dan alamat URL) tidak akan ikut berubah.  Jadi sudah seperti meninggalkan jejak kaki saja, ya.

Hal menguntungkan lain, bila kamu sudah follow banyak blog via Wordpress Reader, postingan terbaru mereka akan selalu muncul disana. Kamu tinggal mengklik tanda reply di setiap postingan dan langsung isi komentarmu tanpa harus log out! Sangat praktis dan menghemat waktu. 

Apalagi bila layar hapemu terlalu kecil dan jempolmu kegedean sehingga suka salah pencet abjad (eh, itu, sih sayaa). 
Sudah capek-capek reply ternyata alamatnya typo. Masa, iya mau mohon sama pemilik blognya supaya minta betulkan?
Apakah kamu pernah memakai cara ini? Atau mungkin punya tips lain? Share yaa…

9 komentar:

  1. waa, saya pengguna wordpress. tapi kalau komen yang blognya pake blogspot, otomatis ke log in akun google. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, kalau ke blogspot pilihannya memang ada dua. Kalau pakai google bisa larinya ke google plus. Tapi ada yang lebih pilih ninggalin jejak url (tidak perlu login)

      Hapus
    2. Oh, iya ternyata. Hehe, makasih infonya mbk.

      Hapus
  2. livingsparkling platformnya blogspot ya..tapi ada di wpreader ,ini nongol di wpreader jd bs kesini, make app wp di hp semenjak pindahan ke selthosted, ga bs balas komen via hp krn selalu ada tulisan error jetpack inaccesiable mulu..blm ketemu solusinya, nyoba debug jetpack nya ,tulisannya sellau sama problem koneksi jetpack nya, jd cm bs liat notif di wp app tp ga bs bales.kudu ke laptop dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nongol di wp reader karena isinya manual mba Rahma haha...*lap keringet* .
      Belum sempurna terkoneksi, ya? Aku pernah sekali kena kasus seperti itu, ada yang bilang harus matiin firewallnya lah dsb. Tapi semua hasilnya nihil. Baru teratasi setelah....pindah jasa hostingan. Mungkin mbak perlu tanyakan pada support system hostingannya mbak...Biasanya mereka lebih paham ya..

      Hapus
  3. Kalau ada yg komen di postinganku, aku selalu cek url blognya, krn aku selalu mampir sekalian cek aktif atau tidak, klo typo ya kubenerin, klo lupa alamat benernya, cari dari komen yg lama ;) . Klo komen di blogspot selalu muncul otomotasi akun Googleku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link aktif penting ya. Wah mba Nella baik betul. Semoga cara di atas bisa dipakai para pengguna blogspot jadi bisa mengurangi kerepotan itu..

      Hapus
  4. Aku kalau komen di blog wordpress juga selalu pakai akun wpku. He. Tapi ini kayaknya nggak berlakukalau blog yang dikunjungi selfhosted ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Antung,bisa saja sih, ada caranya, asalkan sudah terkoneksi dg benar via jetpack...

      Hapus

Instagram